Pentingnya Manfaat Konsumsi Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh



Manfaat dan Bahaya Kekurangan Konsumsi Air Putih Pada Tubuh


Kita manusia terkadang lupa betapa pentingnya kebutuhan tubuh kita akan air minum. Kita sering melupakan kebutuhan akan air. Pentingnya air, khususnya air putih, mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Syarat konsumsi air putih minimal 8 gelas air atau dua liter per hari. Tubuh kita mengandung 60% air. Air yang kita konsumsi bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat dan urin.
Air merupakan cairan tubuh yang sangat dibutuhkan. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Permasalahan yang muncul adalah batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Manfaat cairan dalam tubuh dapat melumasi sendi-sendi tulang. 90% air dalam tubuh membawa oksigen ke berbagai saluran dalam tubuh. Selain itu, manfaat lainnya antara lain menyegarkan dan menyehatkan kulit. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi. Diketahui bahwa dehidrasi dapat menyebabkan gangguan struktural dan fungsional pada otak. Ini mempengaruhi produksi hormon. Air juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Kekurangan air yang menyebabkan dehidrasi juga menyebabkan masalah sembelit dan risiko sakit maag.
Itulah beberapa manfaat air dan kandungannya jika kita kurang memanfaatkannya. Saat ini, generasi muda kurang memperhatikan pentingnya konsumsi air bagi tubuh. Kita perlu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konsumsi air sehari-hari. Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi air putih, sebaiknya gunakan air yang baik, misalnya air yang banyak mengandung mineral.
Menurut Survei Hidrasi Regional Indonesia (SOIFO), 49,5% orang dewasa mengalami dehidrasi ringan. Artinya generasi muda kurang memperhatikan pentingnya manfaat air bagi kesehatan tubuh.
0 Komentar untuk "Pentingnya Manfaat Konsumsi Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh"

Back To Top