Jenis Makanan Penyehat Usus Anda


Jenis Makanan Buah dan Sayur Ini Ternyata Dapat Menyehatkan Usus Besar dan Usus Keci


Penyakit pada tubuh kita seringkali bersumber dari feses di usus besar yang menumpuk terlalu lama sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam tubuh. Salah satu akibat yang pertama adalah sistem pencernaan kita menjadi terganggu. Faktanya, hampir 70% sel imun tubuh terbentuk di dinding usus.
Sistem pencernaan yang tidak memadai menyebabkan berbagai penyakit, antara lain diare, radang usus buntu, dan tipus (yang menyebabkan usus berlubang).
Agar sistem pencernaan tetap sehat, Anda bisa mengubah pola makan menjadi pola makan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Pola makan sehat yang kaya mineral dan serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membersihkan usus dari kotoran.
1. buah Mengonsumsi buah memang sangat dianjurkan, namun dalam hal ini ada dua jenis buah yang dapat membantu menjaga kesehatan usus, antara lain lemon, Alpuca, dan apel. Untuk lemon cukup dengan meminum air perasan lemon. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah lemon dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menghilangkan kotoran/lemak yang tersisa di usus. Kandungan omega-3 pada alpukat dapat membantu mencegah racun menumpuk di dinding usus.
Apel mengandung serat yang disebut pektin. Serat ini mudah dicerna oleh bakteri baik usus yang disebut “Eubacterium eligans. Pektin sangat aktif sehingga dapat mencegah diare dan mengobati infeksi pada usus besar dan kecil.
2. Sayuran hijau Tentu saja sayuran hijau yang mengandung serat dapat membantu membersihkan usus dari produk limbah. Untuk hasil terbaik, sebaiknya sayuran hijau ini diolah dengan cara direbus dan menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa/zaitun untuk menggoreng.
3. yogurt Makanan fermentasi ini sangat baik untuk pencegahan kanker usus besar. Kandungan probiotiknya sangat baik untuk kesehatan usus. 4. Kacang merah Kacang merah kaya akan mineral dan serat yang mampu mencegah terbentuknya sel kanker di usus. 5. Cabai rawit Pengganti cabai pedas ini mengandung senyawa yang dapat melancarkan pencernaan tubuh dan mencegah serangan jantung.
Selain menjaga pola makan yang sehat, Anda juga harus memperhatikan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol jahat. Penumpukan kolesterol dalam aliran darah dapat menyebabkan serangan jantung.
Perhatikan juga jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh, jika kekurangan serat membuat sistem pencernaan sulit mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.
Untuk mencapai kehidupan yang sehat dan berkualitas, diperlukan peralihan menuju pola hidup sehat, yaitu. pola makan yang sehat dan aktivitas olahraga yang teratur, sangat dianjurkan.
Oleh karena itu, khususnya yang kurang berolahraga, mulai saat ini lakukan olahraga ringan minimal 15-30 menit, seperti jogging, dua kali seminggu. Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Serta mengubah kebiasaan buruk dalam konsumsi makanan, misalnya dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji.
Jika Anda menyukai artikel ini, bagikan ke media sosial… beritahu teman Anda agar mereka mendapatkan manfaat kesehatannya.
0 Komentar untuk "Jenis Makanan Penyehat Usus Anda"

Back To Top