Luar Biasa Dasyat Manfaat Black Garlic

Bawang Hitam Kaya Antioksidan



Bawang putih hitam atau lebih dikenal dengan “bawang putih hitam” merupakan bawang putih yang difermentasi. Seperti namanya, bawang putih hitam memiliki warna yang hitam, teksturnya lembut dan baunya tidak terlalu menyengat serta rasanya sedikit manis. Namun, Anda bisa membuat makanan lezat dengan bawang putih hitam.
Di negara selain Indonesia, bawang hitam lebih dikenal, misalnya di Thailand, digunakan sebagai bahan campuran herbal, sebagai herbal resistensi.
Proses pembuatan black garlic membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu 90 hari. Proses fermentasi bisa dipersingkat menjadi 40 hari, namun hasilnya jauh berbeda dengan proses 90 hari. Fermentasi dilakukan dengan memasukkan bawang putih ke dalam mangkuk baja dan menutupinya dengan aluminium foil, setelah itu mangkuk dimasukkan ke dalam oven dan dipanggang pada suhu 25-30 derajat selama 40 hari atau 90 hari. Kami harus memeriksa setiap 4 atau 5 hari untuk menghindari perubahan suhu.
Mencegah penuaan dan kanker Penelitian lain dilakukan oleh Kim dkk pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa proses fermentasi produksi bawang putih hitam meningkatkan konsentrasi polifenol dan flavonoid pada bawang putih hitam. Kadar polifenol meningkat sekitar 23%, sedangkan kadar flavonoid meningkat sebesar 37% pada bawang putih hitam. Polifenol dan flavonoid berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah kanker dan penuaan dini. Kehadiran antioksidan memerangkap radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan meningkatkan konsentrasi antioksidan alami (polifenol dan flavonoid) pada bawang putih hitam dapat menurunkan risiko kanker dan penuaan dini.
Penelitian yang sama menyimpulkan bahwa ekstrak bawang putih hitam melindungi kulit dari sinar UV B. UV-B dapat merusak lapisan luar kulit (epidermis) sehingga menimbulkan sensasi terbakar. Manfaat bawang putih hitam lainnya adalah juga dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, menurunkan gula darah dan berperan sebagai antioksidan.
0 Komentar untuk "Luar Biasa Dasyat Manfaat Black Garlic"

Back To Top