pola hidup sehat alami manfaat hidup sehat manfaat obat herbal buah dan sayur untuk kesehatan


Tuesday, August 13, 2019

Bluberry Cegah Gangguan Otak

| Tuesday, August 13, 2019

Manfaat Buah Bluberry


Buah Bluberry memiliki rasa yang asam campur sedikit manis, hampir mirip rasanya seperti buah pir. Dilihat dari segi bentuk, hampir mirip seperti buah anggur.

Di Amerika buah ini menjadi tren, mereka rata-rata mengkonsumsi buah ini hampir setiap hari. Sekitar tahun 2007 mengalami peningkatan jumlah konsumsi. Dikarenakan buah Bluberry memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

Bluberry merupakan buah paling sering dikonsumsi di dunia. Selain memiliki banyak manfaat, buah ini juga memiliki antioksidan yang tinggi.

Lalu bagai mana di Indonesia...?? Bagi anda yang sudah tau manfaat nya ayoo sering-seringlah konsumsi agar tubuh kita sehat.

Berikut beberapa manfaat buah Blueberry untuk kesehatan:  


Anti-penuaan
Antioksidan yang terkandung dalam blueberry membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
Radikal bebas dianggap bertanggung jawab atas penuaan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan dengan demikian menciptakan efek anti penuaan.
Tingginya kandungan vitamin C dalam blueberry juga membantu dalam memperlambat proses penuaan.

Mencegah gangguan otak

Buah blueberry mengandung berbagai vitamin (A, C, E dan B), antosianin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, mangan, dll.
Elemen di atas membantu melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron.
Pasien penyakit Alzheimer akan merasakan manfaat besar dari blueberry dengan membantu mempertahankan kesehatan sistem saraf pusat.

Pengobatan kanker

Senyawa-senyawa kimia seperti asam ellagic, pterostilbene, dan antosianin dinilai berguna untuk mencegah dan menyembuhkan kanker.
Senyawa pterostilbene secara khusus digunakan untuk mengobati kanker hati dan kanker usus.

Meningkatkan fungsi pencernaan

Kehadiran tembaga, natrium, berbagai asam, fruktosa, dan vitamin dalam buah blueberry membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat yang hadir dalam blueberry membantu dalam mengurangi sembelit.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai vitamin (A, B, C dan E) dan antosianin turut membantu meningktakan kekebalan tubuh

Mencegah serangan jantung

Makan 3 porsi blueberry atau lebih setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita. Blueberry mengandung kadar senyawa yang tinggi, yang bisa membantu memperlebar arteri.

Menurunkan gula darah

Blueberry adalah buah dengan dengan indeks glikemik rendah. Hal ini membuat buah ini memiliki peran dalam membantu mengatur gula darah, terutama bagi para penderita diabetes. Makan 5 buah blueberry setiap harinya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Mencegah infeksi saluran kemih

Sama halnya dengan buah cranberry, bluberry juga berperan dalam mencegah bakteri atau infeksi kandung kemih.

Nilai kandungan gizi per Blueberry 100g (3.5 oz) :


- Energi 239 kj (57 kcal)
- Karbohidrat 14,5 g
- Serat 2,4 g
- Lemak 0,3 g
- Protein 0,7 g

Vitamin dan Mineral:


- Vitamin A 54 IU-
- Lutein dan Zeaxanthin 80 mg
- Hiamine (Vit. B1) 0,04 mg
- Riboflavin (vit. B2) 0,04 MG
- Niacin(vit. B3)0,42 mg
- Asam pantotenat (B5) 0,1 mg
- Vitamin B6 0,1 mg
- Folat ( B9) 6 mg
- Vitamin C 10 mg
- Vitamin E 0,6 mg
- Kalsium 6 mg
- Besi 0,3 mg
- Magnesium 6 mg
- Fosfor 12 mg
- Kalium 77 mg
- Seng 0,2 mg
- Mangan 0,3 mg
- Vitamin K 19 mcg
sumber data nutrisi: USDA Nutrient database

Itulah beberapa manfaat dan kandungan gizi pada buah blueberry. Masih ada beberapa buah dari keluarga buah berry di antaranya...:

- Strawberry
- Blueberry
- Blackberry
- Anggur
- Cranberry
- Ribes
- Goji Berry
- Ligonberry
- Raspberry
- Bilberry          

Related Posts

No comments:

Post a Comment