Manfaat Kopi

Manfaat Dibalik Secangkir Kopi Yang Nikmat


Minum kopi di pagi hari sebelum berangkat kerja rasanya nikmat sekali, tentunya bagi anda pecinta kopi. Banyak orang Indonesia yang suka meminumnya, termasuk saya. Sebagai pecinta kopi, saya tidak bisa melewatkan satu hari pun tanpa minum kopi. Satu teguk membuka mata, dua teguk menyegarkan otak, tiga atau satu cangkir kopi menambah energi seolah terisi.
Ada banyak jenis kopi di Indonesia. Salah satu yang dikenal di seluruh dunia adalah kopi luwak. Seperti yang kita ketahui, kopi luwak merupakan biji kopi yang diambil dari kotoran luwak. Hmm, kelihatannya menjijikkan ya... Menurut Wikipedia, kopi luwak merupakan kopi termahal di dunia dengan harga $100 untuk 450 gram.
Saya mengambil kutipan dari Wikipedia tentang asal usul kopi luwak secara singkat. “Pertanian paksa” sedangkan pemerintah Belanda melarang pekerja di Hindia Belanda memetik/minum kopi untuk keperluan pribadi. Para petugas melihat biji kopi berserakan dari makanan musang sehingga mereka mencoba merebusnya untuk dikonsumsi. Ternyata kopinya terasa jauh lebih enak, pemerintah Belanda mendengar nikmatnya kopi, dan akhirnya mereka menjual kopi tersebut dengan harga yang sangat tinggi. Kopi ini juga merupakan kopi favorit para bangsawan pada zaman Belanda.
Kopi mengandung kafein. Selain menghilangkan rasa kantuk, kafein pada kopi juga mampu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah sehingga tubuh bisa melakukan aktivitas lebih intens. Zat lain dalam kopi dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Namun perlu diingat bahwa meminum kopi saat perut kosong di pagi hari (tanpa mengonsumsi makanan kaya karbohidrat) menimbulkan efek samping berupa peningkatan keasaman lambung.
0 Komentar untuk "Manfaat Kopi"

Back To Top